Siti Fatimah

Alumnus PPS UNNES bekerja di SMP 2 Kudus sejak tahun 1995 Mata Pelajaran IPA...

Selengkapnya

Apa Pentingnya Berpikir Positif?

Positif thinking atau berpikir positif menurut kamus online dictio diartikan suatu kegiatan berpikir yang dilakukan dengan tujuan untuk membangun dan membangkitkan aspek-aspek positip dalam diri seseorang baik dalam aspek potensi, semangat, maupun keyakinan. Bila seseorang berkeyakinan bisa mencapai sesuatu, maka apa yang diyakini itu akan terwujud.

Apakah pentingnya berpikir positif dan berkhuznudzon bagi kita?

Menurut ustadz Ms. Hamzah dalam bukunya yang berjudul Terapi Berpikir Positif dengan Al Qur'an untuk Meraih Sukses Dunia Akhirat, ada empat alasan mengapa kita harus berpikir positif dan berprasangka baik.

1. Orang lain sering kali tidak seburuk yang kita kira. Kita hanya dapat melihat dari luarnya saja, tetapi kita tidak tahu bagaimana hati orang lain itu. Jangan melihat orang dari casingnya saja. Apa yang kita duga buruk, tetapi ternyata justru sebaliknya. Jadi janganlah berprasangka buru dan selalu berpikiran negatif.

2. Berpikir positif dan berprasangka baik dapat mengubah suatu keburukan menjadi suatu kebaikan. Seperti apa yang telah dialami oleh Rasulullah ketika pertama kali mensyiarkan agama Islam di Mekkah, sebagian besar orang Mekah menolak, mencaci maki, bahkan menganiaya Rasulullah sampai - sampai malaikat Jibril datang kepada Beliau dan menyarankan agar mengutuk mereka yang telah menghina dan menganiayanya. Tapi Rasulullah malah menolak, Beliau justru mendoakan mereka agar suatu saat diberikan hidayah dan menjadi pemeluk agama Islam yang taat, dan akhirnya pikiran positif Rasulullah pun terwujud. Beliau mengubah keburukan menjadi kebaikan.

3. Berpikir positif dan berprasangka baik dapat menyelamatkan hati dan hidup kita.

Hati yang bersih adalah hati yang tidak menyimpan kebencian, yang tidak memendam prasangka buruk pada orang lain. Berburuk sangka dan berpikir negatif akan meracuni hati dan hidup kita.

4. Membuat hidup ini lebih ikhlas. Kadang kita mengalami kegagalan dalam hidup kita, kita tidak boleh berprasangka buruk pada Allah atas kegagalan yang kita alami, kita harus berprasangka baik dan positif thinking serta penuh keyakinan bahwa mungkin Allah sudah menyiapkan rencana-rencana yang lebih baik dan mengejutkan bagi kita .Seperti apa yang pernah dialami oleh Khalifah Umar bin Khattab. Beliau mempunyai seorang putri yang baru menjanda, karena ditinggal wafat suaminya dalam perang badar, kemudian beliau mencoba menjodohkan dengan Ustman tetapi ditolak, kemudian dijodohkan lagi dengan Abu Bakar, juga ditolak, lantas beliau mengadu kepada Rasulullah tentang apa yang dialaminya. Dan Rasulullah menasihati Umar, agar tetap berbaik sangka dan berpikir positif terhadap apa yang dialaminya, mungkin Allah sudah menyiapkan calon suami untuk putrinya lelaki yang lebih baik dari Ustman dan Abu Bakar. Dan akhirnya putri Umar benar-benar mendapatkan suami yang lebih baik dari keduanya yaitu Rasulullah.

Wallahu a'lam bisshawab.

Semoga bermanfaat bagi diriku sendiri dan saudara serta sahabat semua. Amiin

Cikfat.20.09.2018

2.

.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Selain membuat hidup jadi lebih indah, ada pahala dari Allah juga...ya kan cikgu. Salam sehat dan sukses selalu. barakallah....cikgu.

20 Sep
Balas

Ajakan yang bagus bu, untuk selalu berpikir positif. Dengan begitu akan tumbuh semangat dan harapan menjadi lebih baik. Berprasangka baik juga mengandung doa dan kepasrahan kepada kuasa dan kebesaran Tuhan. Bagus bu artikelnya, salam kenal nggih dari Wonosobo.

20 Sep
Balas

Ya Bu Eko. Salam kenal juga dari Kudus. Sukses selalu Bu Eka. Barakallah

20 Sep

Berpikir positif membuat kita tak kenal putus asa. Baru sempat buka, Ibu... Bagus...

21 Sep
Balas

Setuju, dengan berfikir positif secara tidak langsung akan membuat kita terbebas dari rasa was-was, gelisah, takut dan kecewa.

24 Sep
Balas

Energi positif sangat membantu menyelesaikan segala hal....

20 Sep
Balas

Betul Bu.... berpikir positif membuat hidup menjadi lebih indah

20 Sep

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali