Siti Fatimah

Alumnus PPS UNNES bekerja di SMP 2 Kudus sejak tahun 1995 Mata Pelajaran IPA...

Selengkapnya
Belajar Bareng ....(Bagian 1)

Belajar Bareng ....(Bagian 1)

Sore itu, aku sedang belajar bareng anakku. Tiba-tiba seorang anak kecil masuk ke rumah, dan ikut nimbrung dengan keasyikan kami. Anak kecil itu bernama Dian Putri Amelia. Dia adalah anak tetangga sebekahku. Dia sekarang duduk di kelas satu sekolah dasar. Setelah Dian masuk, dia duduk di dekat papan tulis kecil, sambil mencoba menbaca-baca tulisan yang tergores di papan tulis. "Bu Fat,ini bacanya apa?' tanyanya.

Aku yang saat itu baru asyik menjelaskan tentang terminologi dalam pewarisan sifat mencoba membahagiakan hatinya. Kusempatkan menjawab pertanyaanya "Itu bacanya parental, mbak Dian." jawabku sambil mencoba membuatnya mengerti dengan kata-kata itu.

"Parental itu apa, Bu Fat?" tanyanya lagi.

Dalam hatiku aku berkata "Wah...anak ini rasa ingin tahunya besar banget. Nanti dia pasti bisa jadi anak yang hebat." Aku kemudian mencoba menjelskan apa yang ditanyakannya dengan bahasa yang sesederhana mungkin, sehingga mudah di mengerti oleh anak kecil.

"Parental itu orang tua, mbak Dian. Kamu punya bapak dan ibu kan? Nah.... itu yang namanya orang tua, atau dinamakan parental." jelasku panjang lebar pada Dian agar dia dapat mengerti.

Dia pun mengangguk-anggukkan kepalanya. Entah dia mengerti atau tidak, sepertinya itu tidak penting baginya. Yang terpenting baginya saat itu adalah belajar membaca.

Akupun melanjutkan mengajari anakku tentang terminologi persilangan yang lain, seperti dominan, resesif, intermediet, genotip, fenotip, alela, homozigote, heterozigote, monohibrid, dan dihibrid. Sementara itu Si Gadis kecil tetap duduk terpaku sambil mendengarkan aku mengajari anakku.

Tiba-tia dari luar terdengar suara panggilan "Dian....Dian.... Kamu dimana Nok. Ini sudah mau magrib, ayo pulang>

Ternyata yang memanggil-manggil itu adalah Ibunya Dian. Mendengar suara panggilan itu, Dian pun beranjak dari duduknya, dan menengok ke luar rumah.

"Aku di sini Bu, dirumahnya Bu Fat." Jawabnya Dian sambil melambaikan tangan kepada Ibunya.

"Eehhh....kamu jangan ngrusuhi Bu Fat, Nduk...." kata Ibu menasihati Dian.

"aku Nggak Ngganggu Ya Bu, Aku di rumahnya Bu Fat minta diajari membaca." Jawab Dian sambil kembali masuk rumah dan duduk di dekat papan tulis.

Ibu Dian pun masuk ke rumah. Dia meminta maaf atas tingkah laku anakknya, kemudian mengajak Dian pulang. Dian pun menoleh ke arahku sambil berkata "Bu Fat, nanti aku ajari membaca laagi ya."

"Iya nanti saya ajari membaca. Sekarang kamu ikut ibu dulu ya. Pulang dulu ya." jawabku membujuknya.

Dian akhirnya mau pulang dengsn ibunya, dan aku pun mengakhiri belajar bersamaku dengan anak-anakku.

Bersambung......

Cikfat. 28.09.2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Belajar bersama yang mengasyikkan.

28 Sep
Balas

Ya Bun.... semangatnya luar biasa

28 Sep

Hebat Dian sudah ikutan belajar biologi. Walau hanya membaca saja dulu. Suasana lingkungan belajar seperti itu, membuat anak-anak jadi semangat dan akan jadi kebiasaan yang baik baginya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah...cikgu.

28 Sep
Balas

Iya Bun. Semangat belajar membaca nya jempolan. Semoga sehat dan sukses selalu Bunda Raihana

28 Sep

Anak-anak rasa ingin tahunya tinggi..dan itu merupakam modal besar untuk belajar...mantaps ....

28 Sep
Balas

Iya Bu Rini. Tunggu lanjutannya ya.

28 Sep

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali